Memilih Tempat Tinggal

Ketika saya ditanya apakah hidup saya cukup bahagia? Saya menjawab syukurlah saya lagi bahagia. Mengapa demikian? Karena saya punya penghasilan, punya seorang istri dan seorang anak.

Ternyata menurut ilmu psikologi positif ada hal lain yang sangat menentukan tingkat kebahagiaan seseorang yaitu tempat dan lingkungan dimana kita tinggal.

Kita tahu bahwa rumah mewah belum tentu membuat orang bahagia, demikian pula setumpuk sertifikat deposito. Jadi selayaknya memilih tempat tinggal bukan hanya dilihat dari luasnya saja atau paling dekat ke tempat kerja. Tetapi lebih dari itu yaitu tempat yang paling membahagiakan buat kita.

Berikut beberapa acuan dari Penelope Trunk dalam memilih tempat tinggal.

  1. Pilihlah tempat tinggal sesuai kemampuan ekonomi Anda.

    Uang tidak dapat memberi kebahagiaan. Tetapi Anda tidak akan nyaman bila mempunyai penghasilan jauh dibawah rata-rata tetangga dilingkungan Anda.Begitu pula sebaliknya ketika penghasilan Anda jauh diatas rata-rata, maka Anda akan menjadi sorotan dan “andalan sumbangan” di lingkungan tersebut.

    Pengembang perumahan telah menyiasati dengan pembangunan sistem cluster yang disesuaikan dengan harga rumah yang hampir sama. Mereka berasumsi dengan harga rumah dilokasi tersebut sekitar Rp 150 juta, maka penghasilan penghuninya kurang lebih sama.

  2. Ingatlah kemungkinan Anda akan berpindah pekerjaan

    Karir Anda mungkin tidak selamanya di tempat yang sekarang. Ada kemungkinan mutasi ke luar daerah atau bahkan bagi pegawai swasta pindah kerja ke perusahaan lain jadi hal biasa. Jadi hindarilah mengambil keputusan membeli tempat tinggal atas alasan dekat tempat kerja sekarang. Banyak hal lain yang akan membuat Anda dan keluarga bahagia selain kedekatan Anda dengan tempat kerja. Jadi jangan jadikan ini sebagai alasan utama.

  3. Banyak persyaratan bukan berarti lebih baik.

    Terlalu banyak syarat dan pertimbangan dalam memilih tempat tinggal tidak akan menjadi lebih baik malah akan membuat Anda semakin bingung. Sulit menemukan tempat tinggal yang akan memberikan semua yang Anda perlukan.

  4. Tempat sekolah anak

    Tempat sekolah Anak adalah penting. Bahkan sekarang ada kecenderungan sekolah yang bagus biayanya mahal. Tetapi jangan dibuat sulit. Akan terlihat wajar bila Anda mengatakan sekolah dimanapun pasti baik untuk anak Anda. Buatlah evaluasi secara obyektif. Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan jarak. Terlalu memaksakan sesuatu tidak akan berakhir baik.

  5. Bertetanggalah dengan orang yang Anda sukai

    Kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah menjaga hubungan yang hangat dengan orang lain. Bila Anda bisa berteman dengan tetangga Anda, pasti umur Anda lebih panjang. Bila Anda bisa akrab dengan teman kerja, Anda akan menyukai pekerjaan Anda. Teman akan mengubah hidup Anda. Bertetanggalah dengan yang Anda sukai atau sukailah tetangga Anda. Jadi bertemanlah. Sumber : http://sayasaja.wordpress.com

comment 0 komentar:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 BigAztO.com is proudly powered by Blogger