Marketing dan Sales? Yah jelas BEDA lah....

Saat ini, di Indonesia sangat banyak individu atau perusahaan yang menyamakan antara Sales dan Marketing. PADAHAL keduanya jelas BERBEDA.
Dalam pekerjaan, seorang SALESMAN dikatakan berhasil jika orang tersebut telah BERHASIL MENJUAL PRODUKNYA TITIK. Sampai disini tugas Sang SALES telah berhasil. Dan perusahaan pun perlu menghargai hasil pekerjaan sang SALESMAN.
Namun MARKETING adalah satu hal yang berbeda.
Marketing adalah sebuah induk dari Sales atau selling, dan sales adalah bagian dari salah satu proses Marketing.
Marketing adalah sebuah PROSES pemenuhan KEBUTUHAN dan KEINGINAN manusia dengan cara membuat sebuah unit produk atau jasa.
Proses Marketing sendiri jauh lebih rumit dan jauh lebih panjang dibandingkan dengan Selling. Dalam Marketing dikenal 4P (banyak lagi yang menambahkan 5P atau 6P) yang terdiri dari:
1. Product. Seorang Marketing berusaha "mencari tahu" atau melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang benar-benar DIBUTUHKAN dan DIINGINKAN oleh KITA SANG MANUSIA. (Bukankah ini suatu hal yang mulia....?).
2. Price. Seorang Marketing akan memberikan harga yang sesuai dengan "KEMAMPUAN" sang MANUSIA agar tidak memberatkan dan sehingga PRODUK memang telah BENAR BERMANFAAT dan DIBUTUHAKAN. Itulah mengapa HARGA BAJU di Plaza Senayan bisa jauh berbeda dengan HARGA BAJU di ITC Mangga Dua atau di Proyek Senen. Di Plaza Senayan produk yang ditawarkan memang KHUSUS untuk kalangan BERDUIT yang tidak ingin KEPANASAN. Namun untuk di Proyek SENEN si Konsumen tidak merasakan sebuah KEPANASAN adalah sebuah KEBUTUHAN yang terpenting HARGA LEBIH MURAH.

3. Place. Seorang Marketing perlu mencari saluran distribusi yang tepat dan efisien sehingga produk atau jasa perusahaan DAPAT menjangkau Sang Konsumen. (lagi-lagi agar konsumen TERPENUHI KEBUTUHAN dan KEINGINANNYA)
4. Promotion. Nah disinilah letak Sang Direct Selling. Salah satu cara promosi adalah dengan cara: Periklanan, Direct Selling (salesman), Hubungan Masyarakat (CRM), dan lainnya.

Nah, disini terlihat jelas, kalau Marketing memiliki proses yang lebih panjang daripada selling (penjualan). Seorang Marketing perlu menjaga Product atau Brand product agar sesuai dengan HARAPAN konsumen atau masyarakat. Sedangkan seorang Sales tidaklah perlu menjaga Brand Image karena yang terpenting produk yang dijual LAKU.

Dalam Selling (sales) yang terpenting adalah LAKU. Bodo' amat dengan "pemenuhan kebutuhan apalagi KEINGINAN orang" yang penting UNTUNG TITIK. Disinilah celah dimana banyak orang yang mengasosiasikan MIRING akan seorang MARKETING.

Perbedaan lain adalah:
Arti Sales atau selling adalah penjualan. Targetnya adalah JUALANnya.
Arti Marketing adalah pemasaran. Targetnya PASAR atau orang.

Seorang penjual dikatakan SALESMAN
seorang pemasar (lebih luas) dikatakan MARKETER

Definisi Selling adalah proses penjualan (lebih fokus MEMUASKAN INDIVIDU sendiri/produk laku).
Definisi Marketing adalah sebuah proses MEMUASKAN kebutuhan dan keinginan manusia(lebih luas).

Selling memiliki jangka waktu lebih pendek dalam hal hubungan.
Marketing memiliki jangka waktu yang lebih panjang. Karena dalam Marketing ANDA tidak perlu membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan hari ini. Tapi ANDA bisa memberitahu kepada kerabat anda TENTANG KAMI adalah sebuah KEBERHASILAN dalam MARKETING (proses promotion telah tercapai).

Selling tidaklah perlu MENJAGA HUBUNGAN BAIK namun MARKETING SANGAT PERLU MENJAGA HUBUNGAN BAIK baik dalam proses penjualan maupun SETELAH penjualan (after sales service dan Customer Relationship Management).

Kesimpulannya, Siapapun bisa melakukan PENJUALAN namun tidak semua orang mampu melakukan Marketing atau melakukan proses pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia(SATISFYING HUMAN NEEDS AND WANTS).

by: Asrulsani

comment 0 komentar:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 BigAztO.com is proudly powered by Blogger